Header Ads

Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Part 2

Tempat Wisata Alam di Kalimantan Selatan


Patung Bekantan
Klo malam keren ni gan

Kalimantan Selatan juga memiliki beragam keindahan pesona Wisata Alam. Berikut beberapa tempat Wisata Alam di Kalimantan Selatan.



Pulau Kembang

Pulau Kembang

Pulau ini berada di tengah Sungai Barito. Pulau Kembang menjadi habitat bagi monyet dan berbagai jenis burung. Makanya salah satu yang menjadi daya tarik pulau ini adalah keberadaan monyet-monyet ini. Mereka juga jinak dan suka bermain dengan manusia yang berkunjung.


Air Terjun Panayar


Air Terjun Panayar di Aranio
Air terjun panayar, berlokasi di Desa Artain Kecamatan Aranio, berjarak kurang lebih 30 km dari kota Martapura, Kalimantan Selatan. Untuk menuju ke air terjun ini anda bisa menggunakan kendaraan bermotor kemudian dilanjutkan menggunakan kelotok.


Pantai Teluk Tamiang


Pantau miang ups salah Pantai Tamiang gan
Pantai Teluk Tamiang adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan yang menawarkan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih. Lokasinya berada di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan jalur darat dengan rute Tanjung Serdang – Lontar – Teluk Tamiang, cara lain bisa menggunakan ferry di Batu Licin.



Loksado

Hati -hati gan awas jatoh
Loksado adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang merupakan salah satu tempat wisata andalan di Kalimantan Selatan. Untuk menuju kesini anda akan menjelajahi pegunungan meratus. Dari sini anda bisa mengunjungi Air Terjun Haratai, Air Terjun Kilat Api dan Balanting Paring atau Bamboo Rafting menyusuri sungai amandit.


Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi

Bukit Rimpi Pelaihari memiliki panorama pesona alam yang sangat lengkap mulai dari pemandangan cantik matahari terbit hingga rerumputan yang masih hijau asri. Bukit yang indah ini, berada di Desa Tampang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Di Bukit Rimpi Pelaihari ini kita bisa menikmati pemandangan alam yang sempurna, ditambah lagi rerumputan yang masih hijau membuat kita nyaman berlama-lama ditempat ini. Selain itu, kita bisa merasakan angin yang berhembus kearah kita. Satu lagi, jika kalian berkunjung pada pagi hari, sobat bisa melihat matahari terbit ditempat ini.


Pantai Pagatan

Pantai Pagatan

Pantai pagatan tergolong istimewa,karena memiliki panorama laut biru, deburan ombak yg relatif kecil, pohon kelapa yg melambai-lambai, dan angin laut yang bertiup sepoi–sepoi. Selain itu yang membedakan Pantai Pagatan dengan pantai–pantai yang lain adalah adanya acara ritual khas nelayan keturunan Bugis di kawasan sekitar pantai Pagatan yang biasa di sebut Pesta Laut (Maccera Tasi). 
Pesta Laut di laksanakan pada pertengahan bulan April. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas sebagai limpahan hasil laut dan sekaligus memohon perlindungan selama nelayan berada di laut waktu sedang bekerja. Puncak acara yang lebih di kenal dengan “Pesta Laut” ini adalah melabuhkan sesajen yang sebelumnya telah di bacakan sejenis mantra ke tengah laut. Biasanya acara ini juga di meriahkan dengan adanya atraksi musik dan tarian2 tradisional.


Pulau Pinus Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan

Menjelajah Pulau Pinus di Waduk Riam Kanan Kalimantan Selatan
Cerita perjalanan wisata di Desa Aranio Kabupaten Banjar, Kalsel diawali dengan perjalanan seru di sekitar Waduk Riam Kanan, tepatnya di Pulau Pinus.Dengan menumpang klotok (perahu kecil bermesin) dapat mencapai pulau kecil yang letaknya di tengah-tengah waduk itu.
Sebenarnya di Waduk Riam Kanan terdapat dua buah Pulau Pinus.Biaya sewa untuk menuju Pulau Pinus pertama hanya dikenai sebesar Rp. 75 ribu saja.Sedangkan menuju Pulau Pinus kedua dipatok sebesar Rp. 100 ribu.
Paket itu bisa sekalian mampir ke Pulau Pinus pertama.Perjalanan menuju Pulau Pinus kedua ditempuh sekitar 30 menit.mungkin Cukup lama.Namun Karena pemandangan yang indah di sekitar waduk sangat menarik cukup mengisi waktu selama perjalanan.Objek pertama yang menarik perhatian adala jembatan kayu yang membentang panjang di atas waduk.Jembatan itu menghubungkan antara Pulau Pinus dengan daratan di seberangnya.



Pulau Sebuku


Keren Pantainya gan
Pulau Sebuku, Kab Kotabaru, Kalsel. Sekitar 12 jam perjalanan darat dari Banjarmasin.
Dengan melewati jalur darat antara Banjarmasin – Batulicin.Kemudian dilanjutkan dengan menumpang kapal fery menuju pelabuhan Tanjung Serdang, Kotabaru.Setelah itu, dengan mobil kembali menyusuri jalur darat menuju Kotabaru.kemudian mencari tumpangan berupa speed boat menuju Sungai Bali, ibukota kecamatan Pulau Sebuku. 
Pantai yang terdapat di desa Sekapung memiliki karakter yang unik.Seperti adanya bebatuan dan pasir yang berwarna agak kekuningan.Dengan latar langit berwarna biru.
Hamparan pasir putih kembali menggoda saya dan teman-teman untuk segera menjelajah pantai.Betapa kaya nya Indonesia, segala jenis keindahan ada di negeri khatulistiwa ini

Pantai Batakan

Pantai Batakan

Di lepas Pantai Batakan dapat kita jumpai Pulau Datu yang merupakan obyek wisata ziarah makam.Berkunjung ke Pulau Datu yang letaknya tidak berapa jauh di depan Pantai Batakan. Di pulau ini terdapat sebuah obyek wisata religius yaitu makam Datu Pamulutan. Jadi sembari anda berwisata disana anda juga bisa berziarah dengan mendoakan si ahli kubur agar bisa diampuni segala dosa dosanya. Fasilitas yang dibangun di Pantai Batakan bisa dibilang mencukupi. 
Kamar mandi dengan air tawar sudah tersedia untuk membilas tubuh setelah puas bermain di laut. Panggung hiburan yang menyajikan penampilan para penyanyi untuk menghibur pengunjung.
Daerah bermain untuk anak-anak. Tempat parkir yang luas dan sanggup menampung ratusan kendaraan bermotor. Restoran untuk pengunjung yang ingin menikmati hidangan makanan ketika berkujung ke Pantai Batakan. Hingga fasilitas tempat ibadah berupa masjid. Semua ini diberikan agar pengunjung Pantai Batakan menjadi lebih nyaman berekreasi bersama keluarga.

Pulau Kaget

Pulau Kaget
Awas Jantungan gan ups
Wisata Alam – Cagar Alam Pulau Kaget – Barito Kuala – Kalimantan Selatan.
Pulau Kaget adalah sebuah delta yang terletak di tengah-tengah sungai Barito termasuk dalam wilayah Tabunganen, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pulau Kaget terletak dekat muara sungai Barito.
bakantan wikipedia Pulau Kaget ditetapkan sebagai cagar alam dengan luas 85 Ha. Banyak ditemukan pohon rambai padi yang merupakan sumber makanan bagi bekantan (Nasalis Larvatus). Bekantan merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan.
Pulau Kaget merupakan habitat bagi kera hidung panjang (bekantan) dan beberapa jenis burung. Kawasan pulau Kaget juga merupakan salah satu obyek wisata yang berada di dalam kawasan hutan di Kabupaten Barito Kuala.




#Note
Sekian dari ane tentang Kalimantan Selatan gan. Semoga bermanfaat untuk agan/sista semua :terimakasih

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.