Header Ads

Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Part 1

Tempat Wisata di Banjarmasin


Pasar Terapung

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi dengan ibukotanya yaitu Banjarmasin. Propinsi ini mempunyai banyak sekali obyek wisata menarik antara lain Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Minat Khusus, Wisata Kuliner, Wisata Olah Raga, Wisata Belanja , dari sekian banyak Obyek wisata Kalimantan Selatan ada beberapa yang sudah sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara, salah satunya adalah pasar apung yang ada di Banjarmasin, pasar ini adalah 2 dari tiga pasar apung yang ada di dunia, segala macam transaksi jual-beli di lakukan di atas sampan,sungguh suatu pemandangan yang langka. selain pasar terapung tadi, masih banyak lagi tempat-tempat wisata menarik yang ada di Kalimantan Selatan yang wajib untuk kalian kunjungi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak Beberapa Tempat Wisata, beserta Wisata Alam yang ada di Kalimantan Selatan berikut ini.


Jembatan Barito


Jembatan Barito berfungsi untuk menghubungkan sisi timur dan sisi barat Sungai Barito. Panjang jembatan ini sekitar 1 km. Berdiri di atas Jembatan Barito dan menikmati suasana sungai merupakan pengalaman tersendiri.


Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung

Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura adalah sebuah pasar terapung tradisional yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, Banjar. Secara umum, Pasar Terapung Lok Baintan tak beda dengan Pasar Terapung di muara Sungai Kuin/Sungai Barito. Keduanya sama-sama pasar tradisional di atas jukung yang menjual beragam dagangan, seperti hasil produksi pertanian/perkebunan dan berlangsung tidak terlalu lama, paling lama sekitar tiga hingga empat jam. Pasar terapung ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar.


Kampung Sasirangan

Keren Nini beulah eh neneknya sapa tu gan

Indonesia memiliki banyak sekali batik daerah, salah satunya batik asli Banjarmasin yang dikenal dengan batik sasirangan. Batik ini berasal dari sebuah kampung yang juga bernama Sasirangan. Di sini kamu bisa belanja berbagai macam benda berbahan batik seperti pakaian, selendang, sprei, taplak meja, dompet, tas dan lain sebagainya.


Mesjid Raya Sabilal Muhtadin

Mesjid Raya Sabilal
Jangan ngaku orang banjar klo ga tau ini mesjid
Mesjid dengan arsitektur menarik ini mampu menampung hingga 15.000 jamaah. Nama Sabilal Muhtadi diambil dari kitab karangan seorang ulama besar Kalimantan Selatan, Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary.


Mesjid Sultan Suriansyah

Salah Satu Mesjid Tertua du Banjarmasin

Mesjid ini dibangun sekitar tahun 1526-1550 sehingga menjadi mesjid tertua di Banjarmasin. Seperti namanya, mesjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah. Mesjid ini terletak di daerah Kuin Utara, makanya disebut juga mesjid Kuin. Lokasi mesjid Sultan Suriansyah ini tidak terlalu jauh dengan pasar terapung Kuin.


Menara Pandang Sungai Martapura

Menara Pandang
Wah ane pernah ke sini ups

Ikon wisata yang menjadi salah satu Pesona Kota banjarmasin ini sering di penuhi warga setiap harinya, terutama saat hari Minggu dari pagi sampai sore bahkan malam. Menara pandang ini berlantai empat, di bagian atas atau lantai tiga menara ini adalah area terbuka. 
Jadi, para pengunjung bisa naik ke atas dan menikmati pemandangan yang indah Kota Banjarmasin dari atas sana, apalagi jika cuaca nya sedang cerah.


Taman Siring Martapura

Kalo sore ma hari libur byk gadis nya di sini gan hehee

Taman Siring Martapura paling sering dikunjungi sore hari oleh masyarakat. Di sini kamu bisa memancing atau sekedar duduk menikmati sekitaran sungai dan melihat jakung, perahu khas Banjarmasin. Seperti terlihat pada gambar di atas, hari minggu taman ini dimanfaatkan komunitas anak muda seperti anak-anak BMX, skateboard dan lainnya untuk latihan.



Museum Wasaka

Museum Wasaka

Wasaka adalah singkatan dari Waja Sampai Kaputing, motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. 
Meseum ini berbentuk seperti rumah Banjarmasin. Di dalam meseum kamu bisa melihat koleksi foto, mesin ketik, seragam perjuangan, keris dan senjata api milik Belanda yang dirampas para pejuang. Wah, semangat 45 kembali membara nih.



Taman Maskot

Ke sini aj um kali aj ketemu mamah muda ups..

Banjarmasin mempunyai dua maskot yaitu bekantan dan pohon kasturi. Nah di gerbang masuk ke taman maskot ini, kamu akan disambut oleh patung maskot bekantan seukuran badan manusia. Kemudian kamu juga ketemu dengan patung pohon kasturi yang dihinggapi monyet-monyet yang bergantung.Taman maskot terletak di pusat Kota Banjarmasin, tepatnya di kawasan jalan H. Djok Mentaya. 
Di dalamnya kamu bisa melihat berbagai jenis pohon seperti beringin, kasturi, mangga, kelapa gaging, kelapa sawit dan lain-lain. Kamu juga bisa menikmati beberapa tumbuhan seperti kaktus, lidah buaya dan beberapa jenis tanaman lain dalam pot.



Kawasan Wisata Kuliner Tepian Sungai Martapura

Enak - enak tuh gan jajanan nya

Jika ingin menikmati kuliner khas Banjarmasin di satu tempat, Anda bisa datang ke pusat kuliner Banjarmasin yang berada di Jalan Pos yang menghubungkan antara Jalan Sudirman dan Jalan Hasanudin.
Di jalan sepanjang 300 meter ini, terdapat sekitar 52 kios makanan yang menjual aneka kuliner khas Banjarmasin seperti laksa, nasi kuning, soto Banjar dan lupis. Selain itu, ada nasi goreng sebagai hidangan nasional dan juga kuliner dari daerah lain seperti masakan Padang dan Palembang.






#Note
Next Update
Thanks to tuyulkencing
Waja Sampai Kaputing Syanak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.