Header Ads

Patung Liberty dan Sejarahnya

Patung Liberty adalah bangunan paling bersejarah dan fenomenal di Amerika. Patung ini bahkan menjadi ikon Amerika yang sangat diminati oleh banyak orang di dunia. Datang ke Amerika belum lengkap jika belum berkunjung dan berfoto di depan patung yang menjadi simbol kebebasan masyarakat Amerika.Meski saat ini Patung Liberty telah menjadi ikon kebanggaan. Tak banyak orang tahu bagaimana dahulu patung ini dibuat. Bagaimana sang pematung harus berusaha mencari dana ke sana-kemari agar patung ini mampu berdiri. Berikut sejarah pembuatan Patung Liberty yang tak banyak diketahui banyak orang di seluruh dunia.




Patung Liberty, kebanggaan dan simbol Kota New York, ternyata bukan dibuat di New York. Patung tersebut, yang ternyata di desain oleh pemahat Prancis, Frederic-Auguste Bartholdi pertama kali dibangun dan disusun di Prancis pada tahun 1874. Patung Dewi Kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Prancis kepada rakyat Amerika, sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100.


Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri diatas landasan setinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga. Rangka baja patung Liberty, dibuat dan dirancang oleh Gustave Eiffel, orang yang juga merancang dan membangun Menara Eiffel.

Patung Liberty menjadi ikon kota NYC. Sebenarnya, patung ini berada di wilayah New Jersey, tapi NYC lah yang menjadi pemiliknya. Patung Liberty terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.
Sang Pemahat Liberty Bartholodi
Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu ikon US yang paling terkenal di seluruh dunia, dan merepresentasikan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan. Nama Liberty berasal dari nama dewi Romawi kuno, Libertas, yang melambangkan kebebasan dan kemerdekaan. Liberty membawa sebuah tablet yang bertuliskan July 4, 1776 dalam huruf Romawi yang merupakan hari kemerdekaan USA. 



Rancangan Awal Patung Liberty



Bartholdi memulai karirnya sebagai pelukis, tapi itu sebagai pematung bahwa dia adalah untuk mengekspresikan jati diri yang sebenarnya dan mendapatkan ketenaran yang terbesar. komisi pertamanya untuk sebuah monumen publik datang padanya pada usia muda 18 tahun. Ini untuk sebuah patung salah satu putra asli Colmar, Jenderal Jean Rapp, seorang pemimpin tentara Napoleon Bonaparte. Bahkan pada 18, Bartholdi dicintai ukuran besar. Patung umum adalah 12 kaki tinggi dan telah dibuat di studio Bartholdi, di mana langit-langit itu hanya satu inci lebih tinggi. Patung itu didirikan reputasinya sebagai pematung dari catatan dan menyebabkan banyak komisi yang sama, besar, bekerja patriotik.

Membahas sejarah pembangunan Patung Liberty tidak bisa dipisahkan dari sang pembuatnya yang sangat fenomenal. Dia bernama Frederic Auguste Bartholdi dan merupakan warga negara Prancis. Sejak kecil, Bartholdi sangat menyukai dunia seni, ia sempat menjalani profesi pelukis di usianya yang masih sangat muda. Untuk mengekspresikan jiwa seninya yang berapi-api, ia berhasil membuat banyak sekali patung. Salah satu hasil kerja keras dari Bartholdi dikerjakannya saat berusia 18 tahun.

Saat beranjak dewasa, ia ikut Perang Franco-Prussian. Dalam perang ini ia mendapatkan gagasan untuk membuat patung bertema kebebasan. Akhirnya ide untuk membuat Patung Liberty tercipta. Lokasi awal yang akan digunakan untuk tempat berdirinya pun bukan Amerika. Bartholdi yang saat itu menjelajah Mesir dan melihat Sphinx bermimpi akan mendirikan patung termegahnya di Terusan Suez.


Bartholdi tidak sendirian dalam penderitaannya. Selama abad ke-19, monumen publik skala besar yang bentuk seni sangat populer. Itu adalah masa-masa kesombongan, dimana sebagian besar konstruksi terinspirasi oleh peradaban klasik Yunani dan Romawi. Kebanyakan monumen tercermin baik gaun atau arsitektur dari zaman kuno, sehingga gaya seni abad 19 kemudian dikenal sebagai “neoklasik.” Patung Liberty akan dipolakan dewi, Libertas, personifikasi Romawi kebebasan. 

Pengumpulan Dana yang Sangat Berat




Pengumpulan dana untuk Patung Liberty sangatlah sulit. Bahkan bisa dibilang merupakan proyek yang sangat mustahil. Bartholdi berusaha dengan kekuatannya sendiri untuk memengaruhi banyak orang di Prancis. Ia bergerak dari satu kantor ke kantor yang lain untuk mengumpulkan uang sekecil apa pun itu. Kritik pedas yang dilontarkan oleh banyak orang di Prancis.

Meski demikian ia tetap menjalankan misi besarnya ini. Ia meminta banyak sekali sumbangan, hingga akhirnya terkumpul sekitar 250.000 Franc (setara $750.000) di tahun 1879. Dari sini ia mulai membangun banyak bagian dari patung karena telah mendapatkan dana yang cukup banyak.


Di Amerika sendiri, penggalangan dana untuk pembagunan patung liberty sangat lambat, sehingga Joseph Pulitzer membuka halaman editorial surat kabar, "The World," untuk mendukung upaya penggalangan dana. Pulitzer menggunakan korannya untuk mengkritik orang kaya yang tidak mau menyumbangkan dana untuk membiayai pembangunan patung liberty dan orang kurang mampu yang memanfaatkan orang kaya untuk memberikan dana. Kampanye Pulitzer dan kritikan kerasnya berhasil memotivasi orang-orang Amerika untuk menyumbangkan dana.

Menjelaskan acara penggalangan dana yang bertahap, tapi uang itu lambat datang. Cukup dikumpulkan untuk mulai bekerja pada patung itu, tetapi tujuan menyelesaikan itu dalam waktu untuk ulang tahun 100 Amerika tidak mungkin. 
Mulai Kerja 



Arsitek Richard Morris Hunt merancang alas tempat Patung Liberty berdiri pada tahun 1884, ia juga menyumbangkan dana untuk membantu mendanai pembuatan patung liberty. Pembiayaan untuk alas patung liberty selesai pada Agustus 1885, dan konstruksi alas selesai pada bulan April 1886. Patung selesai di Perancis pada bulan Juli 1884 dan tiba di New York Harbor Juni 1885 onboard dengan kapal Perancis yang disebut "Isere."
Pada tanggal 28 Oktober 1886, Presiden Grover Cleveland meresmikan Patung Liberty di depan ribuan penonton. Dia adalah hadiah terindah untuk warga amerika serikat dalam 100 tahun terakhir pada masa itu.

Kisah Patung Liberty yang sering kita dengar dan baca sudah banyak berubah. pada tahun 1903, patung Liberty tumbuh sebagai inspirasi bagi imigran yang berlayar melewatinya dalam perjalanan mereka ke Amerika. Patung itu ditempatkan di atas alas granit dalam halaman dinding berbentuk bintang dari Fort Wood.

Pada bulan Mei 1982, Presiden Ronald Reagan menunjuk Lee Iacocca, Ketua Chrysler Corporation, untuk mengepalai upaya sektor swasta untuk mengembalikan Patung Liberty. Penggalangan dana mulai untuk restorasi $ 87.000.000 di bawah / public private partnership antara National Park Service dan Patung Liberty-Ellis Island Foundation, Inc.



Pembuatan Patung Liberty


Pembuatan Patung Liberty

Bartholdi dipilih Gaget, Gauthier dan Perusahaan sebagai pengecoran di mana patung itu akan dibangun. Ia adalah pengrajin yang ahli dalam seni repousse, teknik untuk menciptakan bentuk-bentuk patung oleh logam lembaran memalu dalam cetakan. Lebih ringan dari pengecoran logam, repousse adalah metode hanya tersedia yang memungkinkan seperti karya monumental yang akan dikirim ke luar negeri. Kerangka rumit untuk patung dirancang oleh insinyur terkenal Alexandre Gustave Eiffel, sudah dikenal untuk jembatan cemerlang besi kereta api dan kemudian dirayakan karena Menara Eiffel. Tema patung itu sendiri berasal dari Dewi Libertas Roma, yang melambangkan kemerdekaan. 


Bagian Kepala Patung Liberty
Pembuatan
Patung Liberty dibuat di Prancis pada tahun 1876. Bartholi menggunakan segala kemampuannya untuk membuat patung hebat ini. Desain dasar dari patung dibuat dari metal-metal produksi Gustav Eiffel yang telah berhasil membuat Menara Eiffel berdiri tegak. Dari metal-metal kuat ini, Bartholdi mulai melapisi beberapa bagiannya dengan batu dan mulai mengukirnya sesuai dengan desain yang telah dibuat.


Selama kurang lebih 8 tahun ia berjuang sendirian. Saat ada pameran ia ikut dan menunjukkan patungnya yang sudah nyaris jadi. Dari pameran ini ia mendapatkan banyak uang yang akan digunakan untuk menyelesaikan proyek yang sangat fenomenal ini. Akhirnya di tahun 1884, Patung Liberty yang merupakan simbol dari dari dewa kebebasan Libertas berhasil diselesaikan dengan sangat sempurna.



Arsitek untuk tempat peletakan patung Liberty, Richard Morris Hunt, adalah seorang desainer yang sangat dihormati dan populer. Dia merancang suatu tempat setinggi 89 kaki yang terletak di atas landasan beton. biaya untuk proyek ini adalah $ 1.000, yang ia kembalikan ke dana untuk memasang kembali patung itu. 

Tangan Kanan

Jenderal Charles P. Stone adalah chief engineer yang bertanggung jawab atas seluruh proyek konstruksi, termasuk yayasan, alas dan perakitan kembali patung. yayasan Liberty saja dibutuhkan 24.000 ton beton, massa tunggal terbesar yang pernah dituangkan pada waktu itu. Ini langkah-langkah 52 kaki, 10 inci tinggi. Pada bagian bawah, itu adalah 91 meter, dan di atas, itu adalah 65 meter. alas terbit 89 meter di atas pondasi. 


Patung Liberty mulai dibangun di Amerika pada bulan Mei 1886. Butuh waktu enam bulan untuk mendirikan patung ke tempatnya.




Pada tanggal 4 Juli 1986, Amerika mengadakan pesta ulang tahun khusus untuk Patung Liberty. Presiden Ronald Reagan menyatakan, “Kami adalah penjaga api kebebasan; kami pegang tinggi-tinggi bagi dunia untuk melihat.” Kemudian, presiden menekan tombol yang mengirimkan sinar laser melintasi air menuju patung. Perlahan-lahan, dramatis, anggun, pertunjukan cahaya unveiled Liberty dan obor yang baru, sementara kembang api meledak di langit. Dengan seluruh bangsa menonton – bersama dengan 1,5 milyar penonton televisi di seluruh dunia – dan ribuan orang yang penuh dengan rasa syukur, salah satu keajaiban bagaimana Laboulaye Bartholdi dan mungkin merasa sebagai Liberty tercerahkan dunia malam bersejarah.


Patung Liberty di Era Modern


Di era modern seperti sekarang, Patung Liberty sudah secara resmi menjadi tempat wisata andalan di Amerika, khususnya New York. Setiap tahun ada jutaan orang datang dari berbagai belahan dunia untuk menikmati kemegahan patung wanita yang merupakan simbol kebebasan di Amerika ini. Patung ini adalah bukti jika di masa lalu ada pria yang memiliki ambisi untuk mengabadikan sebuah kebebasan di tanah yang telah lama dijajah oleh bangsa Eropa.

Saat ini Patung Liberty banyak digunakan untuk aktivitas perayaan. Setiap tanggal 4 Juli (hari kemerdekaan Amerika), area ini akan penuh sesak dengan banyak orang yang ingin menyaksikan meriahnya kembang api. Saat tahun baru pun Patung Liberty juga menjadi latar perayaan yang sangat megah.


Fakta unik lain tentang patung liberty adalah adanya 3 patung liberty di dunia ini, yaitu :

1. New York



Inilah patung liberti yang kita bahas di atas, patung liberty yang kita kenal sebagai patung liberty yang ada di New York.



2. Jardin du Luxembourg



Ini patung liberty yang ada di Luxembrourg yang merupakan kota kecil di tengah tengah Eropa Barat.



3. Perancis-lle des cygnes



Dan ini patung liberty yang ada di Perancis, terlihat pula icon perancis yang biasanya kita kenal , ya menara Eifel. Dan keduanya nampak berpadu membentuk pemandangan yang bagus.

Arti dari patung Liberty


Patung ini melambangkan kemerdekaan atau kebebasan rakyat Amerika. Patung ini berwujud seorang dewi yang memegang obor dan sebuah tablet (sabak). Obor dilambangkan sebagai sesuatu yang menerangi jalan agar bebas dari kegelapan, di tafsirkan sebagai masyarakat yang melihat adanya harapan akan masa depan yang cerah) dan sabak di lambangkan sebagai pemuat pasal-pasal hukum yang adil bagi siapa saja dan ini merupakan lambang dari keadilan.

Di bagian depan tablet tertulis tanggal kemerdekaan US yaitu 4 Juli 1774. Selain itu, rantai patah di kaki sang dewi juga melambangkan kebebasan rakyat US dari berbagai bentuk penindasan dan penjajahan. Lengkap sudah arti berbagai benda yang dibawa sang dewi. Statue of Liberty ini berdiri kokoh di Ellis Island seolah siap menyambut siapa saja yang masuk ke USA dengan kebebasan yang sejati.








#Note
Dari berbagai sumber
Belajar Sejarah itu Menyenangkan
Jadi pingin ke NewYork liat liberty wakaka

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.