Header Ads

Jenis Pengangguran Yang Menarik Diketahui

Jenis - Jenis Pengangguran Yang Menarik Untuk Diketahui

Jenis - Jenis Pengangguran
Jenis - Jenis Pengangguran
Masalah pengangguran terjadi karena jumlah tenaga kerja yang ditawarkan lebih besar dibanding jumlah tenaga kerja yang di minta. Sedangkan, pengangguran dapat diartikan orang yang berusaha menemukan, mencari, dan belum mendapatkan pekerjaan.

Masalah pengangguran adalah masalah klasik yang selalu dihadapi setiap negara di dunia ini, dimana tinggi rendahnya tingkat pengangguran suatu negara itu dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya pertumbuhan ekonomi, pembangunan, dan kriminalitas.

Di Indonesia sendiri, pengangguran adalah masalah serius yang sejauh ini belum menemukan solusi yang tepat untuk menanggulanginya. Terlepas dari itu semua, pengangguran dibagi beberapa jenis, diantaranya adalah


1. Pengangguran Terbuka

Pengangguran Terbuka
Pengangguran Terbuka
Jenis pengangguran terbuka adalah dimana orang tersebut benar-benar tidak memiliki pekerjaan, dalam hal ini orang tersebut tidak bekerja sama sekali.
Jenis pengangguran ini terjadi disebabkan tidak tersedianya lapangan pekerjaan atau bisa juga tidak adanya kesuaian antara lapangan kerja dengan keahlian yang dia miliki atau pendidikan orang tersebut.


2. Pengangguran Setengah Menganggur

Penganguuran Setelah Menganggur
Penganguuran Setelah Menganggur
Jenis pengangguran ini adalah dimana orang tersebut sudah memiliki pekerjaan, tapi belum optimal apabila diukuran dengan jam kerja, produktivas, dan besar pendapatan orang tersebut.



3. Pengangguran Terselubung

Pengangguran Terselubung
Pengangguran Terselubung
Pengangguran terselubung adalah jenis pengangguran dimana orang tersebut sudah memiliki pekerjaan tetap tapi belum sesuai dengan pendidikan dan keahlian yang dimiliki orang tersebut.


4.Pengangguran Musiman

Pengangguran Musiman
Pengangguran Musiman
Pengangguran musiman adalah pengangguran yang terjadi disebabkan adanya perubahan musim, dalam hal ini terjadi permintaan tenaga kerja yang berkala. Contohnya adalah Petani yang menjadi pengangguran setelah musim panen selesai.


5. Pengangguran Struktural

Pengangguran Struktura
Pengangguran Struktural
Pengangguran Struktural merupakan jenis pengangguran yang terjadi disebabkan oleh adanya perubahan struktur dalam pekerjaan tersebut, misalnya yang awalnya pertanian berubah menjadi perindustrian.

Karena hal itulah, maka para pekerja akan dituntut untuk harus memiliki keahlian di bidang perindustrian tersebut seperti mengoperasikan mesin pabrik dan sebagainya. Kalau tidak bisa memenuhi kriteria tersebut maka terjadilah pengangguran struktural ini.


6. Pengangguran Konjungtural

Pengangguran Konjungtural
Pengangguran Konjungtural
Jenis pengangguran ini terjadi karena menurunnya kegiatan peekonomian di suatu negara yang menyebabkan turunnya daya beli yang mengakibatkan permintaan barang atau jasa juga ikut menurun.

Dengan menurunnya permintaan barang atau jasa tersebut, maka perusahaan pun akan mengurangi produksi barang atau jasa tersebut, sehingga untuk mengurangi beban keuangan perusahaan pun juga akan mengurangi karyawan. Pengangguran inilah yang disebut pengangguran konjungtural.


7. Pengangguran Sukarela (Friksional)

Penggangguran Sukarela
Penggangguran Sukarela

Jenis pengangguran ini dapat terjadi karena adanya pergeseran antara tenaga kerja perusahaan ke perusahaan yang dia inginkan, dimana dalam masa pencarian ini, orang tersebut menganggur, maka orang tersebut termasuk pengangguran Sukarela (Friksional).

Nah, itulah beberapa jenis pengangguran yang menarik diketahui. Sebenarnya, apapun pekerjaan kita selama itu masih halal, harusnya kita bekerja dengan baik dan benar walaupun pekerjaan itu tidak disukai, ingat dijaman sekarang mencari kerja itu sulit kawan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.