Header Ads

Fitur Rahasia Facebook yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Meski hampir semua orang menggunakannya, bahkan hampir setiap hari, namun pada kenyataannya masih ada beberapa fitur ‘rahasia’ di Facebook yang tidak diketahui banyak orang.
Fitur tersebut antara lain berupa emoticontersembunyi yang cuma bisa diakses dengan serangkaian simbol, cara mengecek keamanan akun dari orang lain, atau mengunduh seluruh data status, berupa foto dan video.
Namun, fitur yang dimaksud tak sebatas itu saja. Sebagaimana dilansir PC Magazine, berikut ini beberapa fitur rahasia yang, mungkin, belum diketahui.



1. Emoji rahasia

Pernahkah Anda melihat emoji dengan gambar ikan hiu atau robot di Facebook? Kedua emoji tersebut ternyata tidak dapat dipilih dari menu stiker dan emoji biasa. Ada kombinasi khusus untuk menampilkannya.

Beberapa di antaranya:
(y) = memunculkan icon jempol
(^^^) = memunculkan emoji ikan hiu 
:|] = memunculkan icon robot 
:poop: = sesuai dengan istilah tersebut, memunculkan icon kotoran 
<(“) = memunculkan icon burung laut penguin 
Selain simbol-simbol tersebut, Anda juga bisa menemukan banyak simbol dan emoji lain untuk disematkan pada obrolan, status, dan komentar. Klik link ini untuk mengeceknya.


2. Mencegah masuknya notifikasi status dari mantan pacar (dan orang lainnya)

Cara paling mudah untuk mencegah kemunculan status mantan di linimasa adalah menghapusnya dari daftar teman atau unfriend. Namun, bila Anda tak ingin melakukan itu, bisa mencoba cara yang lebih halus.
Misalnya, saat mengubah status hubungan menjadi "Single", maka Facebook otomatis akan bertanya, apakah Anda ingin mengurangi frekuensi kemunculan update dari sang mantan.
Cara lainnya adalah masuk ke halaman profil mantan, lalu arahkan mouse ke kolom bertuliskan "Following" yang berada tepat di samping kolom "Friends". Kemudian ubah menjadi "Unfollow". 
Dengan demikian, Anda tidak akan melihat berbagai status, foto, atau video yang diunggah mantan. Sedangkan di sisi lain, Anda masih tetap berteman dengannya di Facebook. 


3. Kirim file


Facebook Messenger atau kolom obrolan Facebook di browser ternyata menyimpan fungsi lain. Pengguna bukan sekadar bisa memakainya untuk bertukar pesan teks, melainkan juga untuk saling berkirim data.
Buka kolom obrolan dengan orang yang Anda harapkan. Selanjutnya klik ikon roda gigi yang ada di kanan atas jendela obrolan tersebut.
Anda akan menemukan pilihan bertuliskan "Add File", klik, dan selanjutnya pilih dokumen apa yang ingin dikirim. Cukup dengan cara itu maka pemindahan data bakal langsung berjalan.



4. Nge-blog menggunakan Notes


Bila Anda ingin nge-blog tanpa harus mengelola situs khusus sendiri, cobalah manfaatkan Facebook. Media sosial ini memiliki fitur bernama Notes yang mirip dengan blog dan berada di ekosistem situs utama Facebook.
Anda bisa memasukkan banyak foto, membuatnya menjadi header post, atau menyematkan bermacam format teks. Semuanya bisa dilakukan tanpa harus mengutak-atik kode HTML.
Klik link ini untuk membuka linimasa berisi Notes karya semua orang dalam daftar teman Anda. Bila ingin mulai membuat Notes sendiri, klik tombol "+write a note" di sisi kanan atas.



5. Download semua status, foto, dan video

Semua hal yang Anda unggah ke akun pribadi bisa diunduh dalam bentuk salinan. Ya, semuanya. Anda bisa menyalin update status, foto, video, sampai pesan, hingga percakapan dengan orang lain.
Caranya, masuklah ke menu "Settings", pilih menu "General" dan lihat ke bagian paling bawah. Anda akan menemukan tulisan "Download a copy of your Facebook data".
Klik tulisan itu dan ikuti perintah selanjutnya. Maka, Anda akan mendapatkan seluruh data kegiatan di Facebook.

2 komentar

Wahab Saputra mengatakan...

Ternyata ada beberapa yang saya baru tau,,,
Terima kasih infonya...

Unknown mengatakan...

iye gan
kyk ny msh banyak rahasia fb..
klo ad tar ane uodate..

Diberdayakan oleh Blogger.