Header Ads

Yuru-chara, Maskot Pariwisata dari Jepang

Yuru-chara, Maskot-Maskot Pariwisata dari Berbagai Daerah di Jepang

Jepang merupakan rumah produksi kartun terbesar di dunia. Dengan puluhan judul kartun diproduksi setiap musimnya, banyak karakter-karakter yang dihasilkan dari berbagai serial.Terinspirasi dari hal tersebut, muncullah apa yang disebut dengan Yuru-chara. 


Apa itu Yuru-chara


Yuru-chara adalah tokoh-tokoh rekaan yang menjadi maskot pariwisata dari berbagai daerah di seluruh Jepang.Kita tahu bahwa Jepang sangat gencar dalam mempromosikan pariwisatanya. Hampir setiap daerah memiliki keistimewaan masing-masing untuk diperkenalkan pada publik internasional. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan adalah dengan memakai maskot karakter untuk menarik perhatian.Lalu lahirlah istilah Gotouchi-chara (maskot karakter lokal) yang lebih populer dari Yuru-chara untuk memperjelas arti, maksud, dan eksistensi dari maskot karakter yang mencerminkan pariwisata lokal di berbagai daerah.

Yuru-chara (Jepang: ゆ る キ ャ ラ Hepburn:? Yuru Kyara) adalah istilah Jepang untuk kategori karakter maskot; biasanya dibuat untuk mempromosikan suatu tempat atau daerah, acara, organisasi atau bisnis. Mereka dicirikan oleh kawaii mereka (lucu) dan desain canggih, seringkali menggabungkan motif yang mewakili budaya lokal, sejarah atau menghasilkan. Mereka dapat dibuat oleh pemerintah daerah atau organisasi lain untuk merangsang pariwisata dan pembangunan ekonomi, atau diciptakan oleh sebuah perusahaan untuk membangun identitas perusahaan mereka. Mereka mungkin muncul sebagai karakter berkostum (atau kigurumi) di acara-acara promosi dan festival. Yuru-chara telah menjadi bisnis yang populer dan menguntungkan, dengan penjualan karakter-driven mencapai hampir $ 16 miliar Jepang pada tahun 2012.
Populer yuru-chara termasuk Kumamon dan Funassyi, yang telah memperoleh pengakuan internasional dan telah mencapai status selebriti di Jepang.



Tugas Dari Yuru-Chara


Yuru-chara dibuat dengan maksud untuk memperkenalkan keunikan-keunikan yang ada di tempat kelahiran mereka. Jadi, tugas utamanya adalah mempromosikan tempat, wilayah, acara, organisasi, atau bisnis lainnya.Sebagai duta pariwisata, maskot karakter harus bisa menggambarkan dan memperkenalkan keistimewaan dari produk lokal, sejarah, dan keadaan alam atau wilayahnya. Contohnya Fukka-chan yang merupakan maskot dari Fukaya. Ia memiliki dua tanduk berbentuk bawang daun sebagai simbol bahwa daerah tersebut merupakan penghasil bawang daun.Maskot karakter kadang dibuat oleh pemerintah setempat atau organisasi tertentu untuk menstimulasi pariwisata dan pembangunan ekonomi daerahnya.

Jenis - Jenis Yuru-Chara


Yuru-Chara atau Maskot karakter memiliki tampilan lucu dengan berbagai pose dan warna. Yang paling mencolok adalah motif-motif yang menggambarkan daerah yang mereka wakili. Selain itu, ciri khas daerah yang diwakili juga ada dalam nama-nama mereka. Tidak hanya itu, maskot-maskot ini mempunyai gerakan dan cara berjalan yang unik sebagai pembeda dengan maskot yang lain

Fukka-chan


Fukka-chan, maskot karakter dari kota Fukaya, Saitama. Kota Fukaya dikenal sebagai penghasil bawang daun di Jepang dan ini tergambarkan pada dua tanduk yang ada di kepala Fukka-chan.

Funassyi


Merupakan maskot karakter dari Kota Funabashi, Chiba. Kota ini terkenal dengan buah pirnya.

Hikonyan


Kucing berhelm tanduk ini adalah maskot dari kota Hikone, Shiga. Sering terlihat berpatroli dan berpose di sekitar kastil Hikone

Kumamon


Beruang hitam berpipi merah ini merupakan maskot prefektur Kumamoto. Ia sering terlihat berada di berbagai tempat. Jadi, jangan heran kalau melihatnya naik sepeda keliling kota.

Shimanekko


Si kuning ini adalah maskot kebanggaan prefektur Shimane. Lihat saja di kepalanya ada atap kuil Izumo Taisha, yang merupakan salah satu kuil Shinto paling kuno dan penting di Jepang dan terletak di kota Izumo, prefektur Shimane.

Mikyan


Ini adalah maskot dari prefektur Ehime yang merupakan daerah penghasil jeruk mandarin. Mikyan adalah persilangan antara anjing dan jeruk. Loh kok bisa, ya?

Gunma-chan

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau kuda poni ini merupakan maskot karakter prefektur Gunma.


Yuru-chara Grand Prix



Sejak 2010 selalu digelar acara voting online tahunan untuk menentukan maskot-maskot terbaik pilih masyarakat. Di acara puncaknya akan ada silaturahmi antar maskot karakter yang dihadiri oleh puluhan ribu orang yang antusias ingin bertemu langsung dengan maskot-maskot dari berbagai daerah tersebut.


Bonus


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.