Header Ads

Aplikasi Penyebab Android Lelet dan Lemot

Aplikasi Android
Banyaknya aplikasi yang hadir di smartphone Android memang bisa memudahkan pengguna dalam kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, tidak semua aplikasi yang terinstal dapat digunakan setiap hari.

Sejatinya, perangkat smartphone memiliki keterbatasan pada kapasitas penyimpanan dan daya tahan baterai, berdasarkan seberapa banyak aplikasi yang tersimpan. Selain itu, terlalu banyak aplikasi pun bisa memperlambat performasmartphone.Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi pengguna untuk dapat memilih aplikasi mana saja yang sering digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari dan aplikasi mana yang tidak diperlukan lagi. 
Jika Anda merasakan performa smartphone Android menurun, saatnya kini menghapus beberapa aplikasi di smartphoneAnda.
Laman Android Pit, Sabtu (13/2/2016), mengungkap lima (5) aplikasi yang wajib dihapus dari smartphone Android Anda. Apa saja aplikasi tersebut? Simak ulasannya berikut ini.



1. Facebook


Facebook pada umumnya langsung tersedia di smartphone baru tanpa harus terlebih dahulu meng-installnya. Popularitas aplikasi jejaring sosial ini pun sudah tidak diragukan lagi, dengan adanya jejaring sosial ini para penggunanya dapat terhubung dengan orang-orang kapanpun dan di manapun.

Namun, hadirnya beberapa fitur dan notifikasi lewat aplikasi ini justru membuat kapasitas penyimpanan smartphone Android menjadi boros. Maka, aplikasi ini ada baiknya dihapus. 

Namun, jika Anda merupakan orang yang kerap membuka Facebook setiap hari, jangan khawatir. Anda masih bisa menggunakan browser untuk membuka Facebook. Ini justru akan lebih jauh menghemat kapasitas memori dan baterai jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi.



2. Aplikasi Cuaca


Hadirnya aplikasi cuaca memang sangat membantu penggunanya untuk mengetahui cuaca yang sedang berlangsung pada hari tersebut. Namun, dengan hadirnya update prakiraan cuaca yang kerap tampil secara berkala rupanya memakan banyak daya baterai, terlebih jika pengguna memasang widget di layar home.Jika Anda tetap ingin memanfaatkan fitur prediksi cuaca, Anda masih bisa menggunakan fitur Google Now untuk menanyakan langsung terkait informasi cuaca.


3. Aplikasi Antivirus

Perangkat Android memang rentan terkena serangan virus. Karenanya, kehadiran aplikasi antivirus dan pelindung keamanan Android memang sangat dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut. Namun, yang menjadi kekurangan aplikasi ini rupanya dapat memakan daya baterai smartphone Anda dalam skala yang cukup besar.


Kendati demikian, Anda masih bisa mengakali hal tersebut dengan mengunduh aplikasi atau konten lainnya secara aman, langsung dari toko aplikasi Google Play Store. 

Aplikasi yang hadir di Google Play Store memang bebas virus dan diklaim 100 persen aman. Bahkan, Android mengklaim sistem operasinya terlindung dari serangan virus dan telah mengakomodasi sistem enkripsi.



4. Aplikasi Clean Master

Membersihkan` aplikasi di perangkat Android memang dapat meningkatkan performa smartphoneAndroid Anda lebih lancar lagi. Hal tersebut dilakukan untuk menghapus beberapa cached data (data sisa) yang rupanya memakan kapasitas memori.


Namun perlu diingat, rupanya Clean Master dan beberapa aplikasi sejenisnya seperti CC Cleaner dan Speed Booster rupanya juga dapat menyisakan `sampah` dan dapat menghabiskan daya baterai. 

Ada baiknya, Anda berpikir dua kali ketika hendak mengunduh aplikasi semacam ini, Anda masih bisa mengakali pembersihan sampah dari smartphone Anda dengan beranjak ke Settings, pilih pilihan Apps dan pergi ke direktori Downloaded. Dari situ, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan dengan memilih tulisan Clean Cache.



5. Aplikasi Browser Bawaan

Aplikasi browser bawaan Android nyatanya dapat memakan kuota data internet yang cukup besar. Namun, Anda masih bisa mengakali hal tersebut dengan mengunduh aplikasi browser lainnya seperti Opera Mini. 


Aplikasi ini memiliki fitur untuk meminimalisir penggunaan data internet pengguna ketika hendak mengunjungi situs tertentu.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.