Header Ads

Cerita dibalik Suksesnya Merk Jeans Terkenal

KISAH DIBALIK SUKSESNYA MERK JEANS TERKENAL DI DUNIA




Dibalik kesuksesan nama sebuah brand di dunia fashion internasional, banyak cerita menarik yang harus kamu ketahui. Seperti yang kita ketahui, jeans menjadi fashion item atau outwear yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Ternyata, dibalik jeans yang kamu pakai tersimpan sejarah yang menarik untuk disimak loh! Ini dia merk jeans terkenal di dunia yang ternyata bermula dari perjuangan dan bahkan bencana!


Levi’s

image
Levi Strauss

Mulanya pada tahun 1853, seorang berkebangsaan Amerika bernama Levi Strauss mendirikan bisnis pakaiannya di San Francisco. Levi melihat peluang yang sangat baik kala itu ketika Gold Rush pertama kali melanda Amerika dan tentu saja membawa banyak pendatang kesana untuk menambang emas. Langsung deh work-wear ciptaannya yang terkenal sangat kuat dan sulit sekali sobek menjadi buruan para penambang emas dan pekerja industri lainnya.


image
Pabrik Levi's

Lalu pada tahun 1873, ia pun merilis blue denim dengan merk “xx” yang terkenal sangat kuat dan awet. Tak tanggung-tanggung, perusahaan ini mengeluarkan rilis “It’s no use, they can’t be ripped” dengan gambar sebuah celana jeans yang ditarik 2 kuda untuk meyakinkan orang bahwa jeansnya kuat


image
Iklan Levis

Tapi faktanya sekarang ripped jeans malah laku keras ya guys? Hihihi. Perjalanan panjangnya pun terus berlanjut walaupun tidak selalu mulus. Misalnya saja ketika pabriknya runtuh karena gempa bumi hebat yang melanda San Francisco pada tahun 1906. Akhirnya Levi’s mencapai puncak kesuksesannya pada tahun 1999. Sampai-sampai Times Magazine menobatkannya sebagai fashion item of the century. Wow!

Levis 



Wrangler

CC Hudson,Founder Wrangler


Brand ini muncul akibat bencana loh!Pada tahun 1897, pendiri perusahaan ini yang bernama CC. Hudson bekerja sebagai penjahit kancing yang hanya dibayar 25 sen. Kemudian bencana pun datang ketika pabrik tempat ia bekerja bangkrut. Ia dan teman-temannya kemudian membeli mesin jahit untuk memulai usahanya sendiri.


Iklan Wrangler
Dari sinilah ia mendapat inspirasi untuk membuat seragam bagi pekerja pabrik yang kuat dan tidak mudah rusak akibat pekerjaan berat.

Pabrik yang dulunya bernama Blue Bell sebelum dinamai Wrangler
 Nama Wrangler sendiri muncul pada tahun 1943 yang bertahan sampai hari ini. Brand ini mencapai puncak kesuksesan pada tahun 1996 loh, perjalanan yang panjang kan? Ketika itu, sebuah survey merilis bahwa 1 dari 4 orang Amerika memakai produk ini!





Lee Cooper

Morris Coper


Sama seperti Wrangler, produk ini pun lahir dari sebuah bencana! Ketika Perang Dunia I, sebuah pabrik seragam pekerja pun kebanjiran order dari tentara Inggris untuk berperang.


Perusahaan itu adalah Lee Cooper yang didirikan oleh Morris Cooper pada tahun 1908. Pakaian buatannya memang terkenal kuat dan sulit sobek sehingga cocok untuk pakaian perang kala itu




Fashionable banget ya tentaranya? Tak hanya itu, ketika Perang Dunia II, perusahaan ini kembali kebanjiran order langsung dari British Force untuk membuat seragam resmi mereka. Karena citranya yang baik, pada tahun 1950 produk ini pun menguasai 80% pasar jeans / denim di Inggris. 


 Untuk melebarkan sayapnya menjadi casual outwear, mereka pun menjadi sponsor band aliran rock kala itu seperti Rolling Stones, UB 40, Serge Gainsbourg, dan Rod Stewart yang kemudian menjadikan stretch jeans menjadi sangat populer. Keren ya?




Lee

HD. Lee, founder perusahaan ini

Lee ini bukan Bruce Lee ya um ato Lee yang di kartun Naruto wakakakaka ^_^ tp nama Jeans.

Pada tahun 1895, H.D Lee yang merupakan founder Lee Jeans memiliki wholesale grocery di Kansas dan perusahaannya berkembang pesat. Ketika itu Lee memiliki banyak karyawan dan tentu saja ia harus menyediakan work-wear untuk karyawannya.



Logo Lee
Namun, ia sangat kecewa dengan pesanan work-wearnya, sehingga ia berupaya untuk membuat work-wear-nya sendiri. 

Iklan Jeans Lee
Namun ternyata laku keras di pasaran! Pada tahun 1913 Lee memproduksi Union-All work jumpsuit yang yang membuat perusahaannya naik daun. Seiring dengan kebutuhan masyarakat, ia kemudian meluncurkan produk casual outwear yang bisa dipakai siapa saja

Lee pada awalnya memang hanya diperuntukan bagi kalangan pekerja saja







#Note
Bonus Iklan Lee Jeans
Wakakakak ^_^ Viss




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.